oleh

Canggih! Namun Terlupakan

-Opini, dibaca 1499 x

Oleh: Dimas Erdiansyah

(Mahasiswa Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jambi)

 
SAAT ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat. Fitur ini memang mulai banyak tersemat di beberapa ponsel, NFC sendiri memliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jaringan WiFi, Bluetooth dan lainnya.
 
NFC (Near Field Communication) adalah sebuah inovasi teknologi yang berfungsi menghubungkan antar perangkat. diperlukan minimal dua perangkat berupa penangkap sinyal dan transmitter. Selain itu, fitur ini tidak membutuhkan koneksi internet sehingga dapat digunakan kapan saja. NFC juga hanya memerlukan sedikit daya dan mampu memudahkan berbagai aktivitas. 
 
Standar NFC saat ini memiliki tiga mode operasi berbeda. Tetapi, kemungkinkan yang paling banyak digunukan adalah mode peer-to-peer. Mode ini memungkinkan dua perangkat ber-NFC bisa saling menukar beragam informasi satu sama lain. NFC memudahkan penggunanya untuk mengirim berbagai macam dokumen mulai dari foto, video, kontak telepon, bahkan aplikasi. Dengan mode ini, kedua perangkat bisa berganti status, dari aktif saat mengirim data, menjadi pasif saat menerima data. 
 
Kemudian ada mode read/write(baca/tulis). Singkatnya, mode ini hanya bisa mentransmisi data satu arah. Misalnya, smartphone yang biasanya bertindak sebagai komponen aktif, terhubung dengan perangkat lain untuk membaca informasi dari komponen pasif. Dapat menghubungkan perangkat dengan dengan WiFi, dengan menggunakan NFC, kamu tidak perlu repot menggunakan kata sandi untuk dapat terhubung dengan WiFi.
 
Mode terakhir adalah card emulation. Mode ini umum digunakan dalam pembayaran digital, karena NFC betindak sebagai kartu kredit untuk melakukan pepmbayaran dengan mudah.  Dengan menggunakan sistem ini, setiap orang dapat menghubungkan informasi kartu debit dan kredit dalam hp NFC. Hal ini tentunya membuat pengguna tidak perlu repot-repot membawa banyak kartu dan uang tunai ketika berpergian. Fitur NFC banyak digunakan untuk top up kartu E-Money dengan cara menempelkan kartu di bagian belakang hp. Nah, itu dia beberapa kegunaan dan fungsi NFC yang penting untuk diketahui. Banyaknya fitur yang ditawarkan oleh NFC terbukti mendukung aktivitas kita sehari-hari.
 
Namun, dibalik semua itu. masih banyak orang yang asing dengan fitur NFC ini. Sebab fungsinya masih bisa digantikan oleh pendahulunya yaitu Bluetooth. Tetapi ada beberapa keunggulan NFC yang tidak dimiliki bluetooth. Salah satunya ada di sisi konsumsi daya baterai. NFC mengkonsumsi lebih sedikit daya dibandingkan bluetooth. Meskipun dari segi kecepatan, bluetooth masih diunggulkan. NFC juga mempunyai keunggulan lain, yakni kecepatan koneksi. Ini menjadi salah satu keunggulan teknologi NFC dibandingkan bluetooth walaupun dengan versi paling modern sekalipun. Sayangnya, fitur NFC ini terhambat dikarenakan tidak semua ponsel memiliki fitur ini. Smartphone dengan kelas menengah kebawah yang beredar di Indonesia hamper sebagian besar tidak memiliki fitur NFC. 
 
Sertifikat
Sertifikat kampung English
Piagam 3

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments