oleh

Kuliah Tamu Internasional dengan Tema : Sexual and reproductive health rights and Research Application

-Sosial , dibaca 456 x

Reportase oleh:

Amilatul Chusna, Nurul Alifah, Rehsa Apriliana

(Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKM UNSRI)

 
Tiga ratus lima puluh satu mahasiswa FKM Unsri Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat angkatan 2022 dan angkatan 2023 mengikuti kuliah tamu di  Student Centre Universitas Sriwijaya dengan tema “Sexual and reproductive health rights and Research Application” bersama ibu Sari Andajani sebagai pembicara dari Faculty of Health and Environmental Sciences Auckland University of Technology. Kuliah tamu berlangsung pada hari Kamis, 25 April 2024 pukul 9.00 WIB s/d selesai. Lima CEO mempersiapkan kegiatan ini, yaitu Amilatul Chusna, Nurul Alifah, Rehsa Apriliana, Alya Gadis Aqilah dan Salsabila.
 
Kuliah tamu ini diawali dengan sambutan dari Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya Ibu Dr Misnaniarti, S.KM., M.KM, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana yaitu Ibu Najmah., S.KM., M.PH. Ph.D. Rangkaian acara selanjutnya yaitu meliputi penyampaian materi, ice breaking, penyerahan sertifikat secara simbolis dan diakhiri dengan sesi tanya jawab serta doa bersama.
 
Tema yang diangkat pada kuliah tamu ini yaitu “Sexual and Reproductive Health Rights and Research Application” yang membahas mengenai kesehatan seksual dan reproduksi serta hak reproduksi, disertai pembahasan mengenai hukum atau peraturan nasional seperti undang-undang yang berlaku di Indonesia. Materi ini di paparkan oleh ibu Sari Andajani sebagai pembicara di kuliah tamu Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya. Semua peserta kuliah tamu ini yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi FKM Unsri angkatan 2022 dan angkatan 2023 menyimak materi yang diberikan ibu Sari dengan serius, kemudian di sela-sela materi moderator mengajak peserta kuliah tamu untuk melakukan ice breaking agar kegiatan semakin menarik dan kemudian mereka bisa menyimak dengan fokus kembali. 
 
“Kegiatan kuliah tamu ini memberikan kesan yang menarik. Pengetahuan dan pengalaman yang diberikan oleh pemateri membuat daya tarik tersendiri, yang mana selain ilmu tentang kesehatan reproduksi, kita juga diajarkan beberapa kosa kata New Zealand. Pentingnya mencari tahu, menambah relasi, dan mau belajar terlihat jelas manfaatnya pada kegiatan ini” ujar Anggun Kelara, salah satu mahasiswi FKM Unsri.
 
Pada akhir acara, terdapat sesi tanya jawab dimana para mahasiswa dan mahasiswi sangat berantusias untuk lebih mendapatkan ilmu baru dengan bertanya kepada narasumber yaitu ibu Sari Andajani. Mahasiswa yang bertanya berjumlah 10 orang yang berasal dari angkatan 2022 dan angkatan 2023. Pertanyaan-pertanyaan yang telah diberikan oleh mahasiswa tersebut langsung ditanggapi dan dijawab oleh narasumber serta diberikan reward sebagai apresiasi dari ketua pelaksana untuk yang bertanya. Setelah sesi tanya jawab, semua peserta menyanyikan lagu yang berjudul Te Aroha yang dipandu oleh narasumber dengan sangat gembira. Kemudian kegiatan kuliah tamu ini ditutup dengan doa bersama.
 
Foto-foto Kegiatan :
 
  
 
Sertifikat
Sertifikat kampung English
Piagam 3

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments