oleh

SUKSES, Rusun BerDaya dan BerAksi

-Sosial , dibaca 238 x

Palembang -  8 Mahasiswa Promkes Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat (S2) Universitas Sriwijaya dibawah asuhan Najmah S.KM, M.Ph., P.hD,  sukses menyelenggarakan kegiatan Rusun Berdaya dan Beraksi. 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari yakni 2-3 Maret 2024 ini, diadakan di Pusat Rumah Susun Palembang 24 Ilir mendapat sambutan luar biasa dari Ibu-ibu Rusun Blok 17. Melalui kerjasama dengan pemerintah setempat Kelurahan 24 Ilir, Kepala RT Blok 17, dan Puskesmas 23 Ilir. Sebagai upaya peningkatan status gizi anak, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada ibu-ibu tentang pentingnya mengkonsumsi makanan sesuai ‘Isi pringku”. 
 
Rangkaian kegiatan Rusun Berdaya dan Beraksi ini terdiri dari Edukasi “Isi Piringku oleh ahli Gizi Puskesmas 23 Ilir Ice Krisnawati, AMG, dilajutkan dengan lomba menyusun Puzzle  “Isi Piringku”. Lomba ini bertujuan untuk meningkat pengetahuan ibu mengenai isi piring ku dan mempererat hubungan antar ibu-ibu di rusun blok 17.
 
 
Kegiatan dilanjutkan dengan membagikan bahan-bahan masak untuk Lomba Bekal Sehat, sesuai porsi “Isi Piringku”, peserta diminta menuliskan resep masakannya dan menuliskan rencana belanja masak yang nantinya akan dicantumkan dalam sebuah Buku Saku karya mahasiswa Promkes. Di Hari berikutnya kegiatan dilanjutkan kembali, para ibu diminta untuk mempresentasikan hasil masakan, menjelaskan komposisi yang terkandung dalam masakan tersebut, untuk meriahkan acara, panitia mengajak ibu-ibu games bersama dan menampilkan yel-yel kelompok, sehingga memacu semangat tim lainnya. Sebelum pembagian hadiah pemenang, kader kesehatan melakukan demosntrasi masak menu sehat sesuai anjuran “Isi Pringku”, yang kaya akan protein. 
 
Kegiatan berjalan lancar, dan mendapat respon positif dari warga “Alhamdulilah ibu-ibu biso belajar dan dapat ilmu tentang makanan yang bergizi untuk keluargonya dan terima kasih banyak kepada mahasiswa pascasarjana Unsri mau mengadakan acara yang sangat bermanfaat ini khususnyo buat Rusun Blok 17” ujar Ir. Heriyansyah, Ketua RT blok 17.  
 
Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan wawasan masyarakat terkhusus ibu-ibu dalam pengolahan makanan sehat dan bergizi sesuai panduan “Isi Piringku” , sekaligus menjadi referensi bagi pemangku kebijakan untuk membuat Peraturan dan kegiatan yang lebih kompleks sesuai dengan ai kondisi kesehatan di Rusun Kelurahan 24 Ilir. 
“Rusun BerDaya dan BerAksi, Siap Bergerak”
 
Sertifikat
Sertifikat kampung English
Piagam 3

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments