oleh

Meriahnya Penutupan English Camps 2024: Mendukung Impian Anak-anak Di Kampung Sayur Dan Kampung Literasi 26 Ilir

-Sosial , dibaca 264 x

Oleh:

Aldinda Rapris, Carolina Elizabeth, Miftah Syafira Arindya, Miftahul Zannah, Shabira Mizvi, An Nisa Berlian
(Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKM, Universitas Sriwijaya dan Volunteers English Camps 2024)
 
 
Kini English Camps 2024 melanjutkan kegiatannya di hari ke-4 yang berlokasikan di dua tempat yang sama dengan kegiatan sebelumnya yaitu di Kampung Literasi 26 Ilir Palembang dan Kampung Sayur Cempaka Kelurahan 26 Ilir Bukit Kecil Palembang.
 
Kegiatan ini menjadi hari penutupan English Camps 2024. Sama seperti kegiatan sebelumnya  pada hari Minggu, 3 Maret 2024 , kegiatan ini masih  berfokus pada penyampaian materi dasar dalam bahasa Inggris, disertai dengan berbagai permainan edukatif, bernyanyi, dan sesi belajar tentang mencuci tangan. Namun pada kegiatan kali ini banyak penambahan kegiatan yang lebih meriah sebagai tanda penutupan English Camps 2024.
 
    
Gambar 2 Pembukaan acara English Camps di Kampung Sayur 
 
Kegiatan ini dimulai sejak pukul 14.00 dengan pembukaan yang dipandu oleh MC yaitu Farah Salsabila dan Raidha Ramadani Putri untuk di Kampung Literasi, sementara di Kampung Sayur dipandu oleh MC Riska Wulan Sagita dan Septiana Dwi Aryanti.
 
Acara dilanjutkan dengan melakukan ice breaking untuk menumbuhkan semangat dan antusiasme peserta kegiatan. Setelah itu, kami melanjutkan dengan penyampaian dua materi yaitu vocab sports & action verbs dan vocab vegetables, fruits, serta food & drinks. Dalam penyampaian materi, tim volunteer telah menyiapkan game yang menyenangkan dan lagu-lagu yang menarik untuk dinyanyikan bersama. Hal ini dilakukan agar materi yang kami sampaikan bisa diterima oleh anak-anak dengan baik dan membuat mereka merasa senang.
Kegiatan ini memiliki keunikan dibandingkan dengan kegiatan sebelumnya. Setelah menyampaikan materi dan bermain game, panitia menjelaskan dengan baik edukasi langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mencuci tangan yang benar serta mempraktikan ke masing-masing anak-anak sebagai cara efektif untuk mencegah sakit dan penyebaran kuman. Selain itu, kegiatan ini juga menanamkan pentingnya kebersihan pribadi sejak dini kepada anak-anak yang akan bermanfaat bagi sepanjang hidup mereka.
 
Gambar 3 Sesi edukasi dalam mencuci tangan di Kampung Literasi 26 Ilir
 
Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga membentuk perilaku yang baik. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif, anak-anak diajarkan tentang pentingnya kebersihan dan kesehatan. Mereka belajar bahwa mencuci tangan tidak hanya untuk rutinitas sehari-hari, tetapi juga benteng pertama dalam melindungi diri dari penyakit. Ini merupakan contoh yang baik bagaimana edukasi dapat disampaikan dengan cara yang menarik dan berkesan. Kegiatan ini dapat diperluas dengan menambahkan lebih banyak topik kesehatan dan kebersihan lainnya. Kegiatan selanjutnya diadakan dengan bermacam lomba seperti lomba balap karung di Kampung Sayur dan lomba estafet sarung di Kampung Literasi yang menambah keceriaan dan melatih kerjasama anak-anak. 
    
Gambar 4 Lomba balap karung di Kampung Sayur dan estafet sarung di Kampung Literasi 26 Ilir
 
Anak-anak tampak sangat antusias dan bersemangat saat mengikuti lomba. Lalu, kegiatan dilanjutkan dengan ulasan materi yang sudah dipelajari dengan cara memberikan pertanyaan. Anak-anak sangat antusias dalam sesi tanya jawab ini karena mereka berkesempatan untuk mendapatkan hadiah. Setelah itu, mereka juga diajak untuk bermain dan bernyanyi bersama sehingga suasana menjadi lebih riang dan menyenangkan. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan motivasi dan kecerdasan anak-anak.
 
“Iya kak seru sekali lombanya, tapi aku lebih suka pada saat tanya jawab kak” ujar Akbar salah satu anak dari Kampung Literasi.
 
Keseruan ini sangat bisa dirasakan pada kegiatan kali ini. Keceriaan serta senyum tawa dari anak-anak memancarkan kebahagian yang bisa kita rasakan. Dipenghujung kegiatan terdapat pembagian hadiah bagi pemenang lomba, berbagi snack, dan foto bersama. Selanjutnya kegiatan ditutup dengan pemberian penghargaan kepada Bapak Rudi Harsam selaku ketua Kampung Sayur Cempako dan Ibu Oca Tresia selaku ketua RT 04 Kampung Literasi 26 Ilir sebagai bentuk ucapan terimakasih karena telah mengizinkan dan menyediakan tempat untuk pelaksanaan kegiatan English Camps 2024 ini.
 
Ikuti kegiatan English Camps 2024 di Instagram @kampungpandai_sumsel
 
Sertifikat
Sertifikat kampung English
Piagam 3

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments