oleh

Kue Lapan Jam: Butuh Delapan Jam untuk Kesempurnaan Rasa Kue

-Entertainment, dibaca 2212 x

Etnografi Kuliner Khas Lebaran

Nama Penulis: Asmelia, Rapidah, Viranda Marlyn, Zafira Sukma Tiara (Mahasiswa Gizi FKM UNSRI)
 
Editor: Vivi Indah Purnamasari
Instagram : @lemaknyowongkito
 
 
Cek Rum, Pelestari Kuliner Khas Lebaran
 
Perjalanan kami selama menjadi bagian tim pelestarian makanan bingen Sumatera Selatan menjadi suatu pengalaman yang tak terlupakan. Bertemu dengan pembuat makanan khas Palembang yang digemari banyak orang. Salah satu pembuat kue basah khas palembang yang kami jumpai kala itu adalah Cek Rum salah satu pelestari makanan bingen (lamo) ‘Kue Lapan Jam’.
 
Cek Rum tinggal di lr Roda 26 Ilir Palembang dan sudah berjualan sejak ia masih muda. Kami belajar membuat kue lapan jam sambil mendengarkan cerita dari Cek Rum tentang pengalamannya selama berjualan kue basah khas Palembang. Kemampuan Cek Rum dalam membuat kue basah khas Palembang yang enak sekali dan digemari banyak orang yang tentunya bukan hanya dari Palembang saja namun luar pulau Sumatera juga berasal dari nenek moyang Cek Rum. 
 
Cek Rum juga pernah hadir di acara salah satu stasiun TV Nasional yaitu pada acara jejak si Gundul. Banyak sekali ilmu dan pengalaman yang kami dapat selama mengunjungi Cek Rum. Salah satu pesan Cek Rum yaitu tetap rendah hati dan tidak boleh sombong walaupun kita telah mahir membuat sesuatu serta tidak boleh mencela makanan buatan orang lain walau tidak enak rasanya.
 
Apa itu Kue Lapan Jam?
 
Kue Lapan Jam merupakan kue basah khas Palembang. Proses pemasakan kue ini sesuai namanya yaitu dikukus selama 8 jam. Kue Lapan jam ini terbuat dari telur dan gula serta mentega. Rasa kue ini manis dan sangat lembut yang membuat kita ketagihan.
 
Cara Membuat Kue Lapan Jam 
 
1. Leleh kan mentega 
 
 
2. Campurkan telur dan gula, kemudian mixer hingga mengembang lalu tambahkan susu kental manis. Masukan mentega leleh dengan perlahan sambil diaduk.
 
 
3. Masukan adonan ke dalam loyang. Kemudian kukus selama 8 jam
 
 
Kamu bisa lihat pembuatan video pembuatan kue Lapan Jam ini bersama kami dan Cek Rum di link ini https://youtu.be/3BT6XFQnWpU 
 
4. Untuk kesempurnaan rasa, setelah dikukus, kue dipanggang selama 15-30 menit pada suhu 120 C hingga permukaan sisi kering dengan oven. Setelah itu angkat, dinginkan sebentar
 
Nilai Gizi Kue Lapan Jam
 
Kue lapan jam terbuat dari gula, telur, susu, dan mentega. Kue ini mengandung tinggi energi dan karbohidrat sehingga dapat dijadikan makanan sumber energi. Kandungan telur yang cukup banyak didalam kue ini dapat menjadi sumber protein hewani dan baik untuk membentuk jaringan tubuh.
 
Dalam 1 potong kue terdapat 76 kalori, 10,6 gram karbohidrat, 2,1 gram lemak dan 2,1 gram protein. Ayo tetap terus lestarikan makanan bingen yang ada di kota Palembang, dengan tetap mau belajar apapun yang ada disekitar. 
 
 
 
Sertifikat
Sertifikat kampung English
Piagam 3

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments