oleh

Pakan Fermentasi Batang Pisang Solusi Pakan Untuk Peternak Kambing

-Ekonomi, dibaca 531 x

LAJU SUMSEL, PALEMBANG -- Relawan rumah zakat kembali menyambangi ternak Jauhari (43th). Jauhari merupakan salah seorang Penerima manfaat Bantuan Ternak Rumah zakat di Desa Berdaya Talang Balai Baru II Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan Rabu (16/09).

Kali ini adalah membuat pakan ternak fermentasi, Bahan baku yang digunakan adalah batang pisang yang mudah diperoleh dilingkungan sekitar. 
 
Agung Maulana Relawan Rumah Zakat mengungkapkan bahwa selain batang pisang, bahan pendukung lainnya berupa EM4 dan gula merah yang dilarutkan. Kemudian bahan-bahan ini dicampur dan dimasukkan ke dalam drum yang selanjutnya ditutup rapat. Pakan ini akan siap konsumsi setelah 2 sampai 4 hari penyimpanan. 
 
"Salah satu keunggulan dari pakan fermentasi ini adalah kandungan gizi dalam pakan tetap terjaga serta ternak lebih mudah mengkonsumsinya," ujar Agung Maulana. 
 
Pembuatan pakan fermentasi ini merupakan solusi penyediaan pakan untuk ternak kambing milik Jauhari. Selama ini Jauhari sulit untuk mendapatkan rumput segar. Dia harus merumput ditempat yang jauh untuk mendapatkan pakan. 
 
"Wah mantap, batang pisang saja bisa buat makanan kambing, terimakasih dik ilmunya sangat bermanfaat," ujar Jauhari. (red)
 
Editor: Karni
Sertifikat
Sertifikat kampung English
Piagam 3

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments