oleh

Top! Kilang Pertamina Plaju Raih Penghargaan Bintang Lima TOP CSR Awards 2022

-Ekonomi, dibaca 2550 x

LAJU SUMSEL, JAKARTA - PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) kembali meraih penghargaan untuk implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR). Kali ini, Kilang Pertamina Plaju meraih penghargaan bintang 5 pada ajang TOP CSR Awards 2022.

Penghargaan itu diberikan langsung kepada General Manager (GM) Kilang Pertamina Plaju Edy Januari Utama oleh Ketua Penyelenggara M. Lutfi Handayani yang juga CEO/Pemimpin Redaksi Majalah TOP Business di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (30/3).
 
Edy mengungkapkan penghargaan bintang 5 dalam TOP CSR Awards ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kilang Pertamina Plaju, termasuk bagi semua stakeholders yang terlibat.
 
 
“Penghargaan ini menjadi semangat bagi Kilang Pertamina Plaju untuk terus melaksanakan program-program CSR yang sejalan dengan aspek kepatuhan terhadap ISO 26000SR, Good Corporate Governance (GCG),” ujar Edy.
 
Kilang Pertamina Plaju membawa program CSR yang dinamai PATRA (Palembang Aman, Terampil & Berdaya) pada ajang TOP CSR Awards kali ini.
 
Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju Siti Rachmi Indahsari yang turut hadir dalam penganugerahan itu mengatakan PATRA yang diimplementasikan Kilang Pertamina Plaju selaras dengan muatan ISO 26000 tentang kepedulian sosial.
 
"PATRA didesain menjadi solusi permasalahan kampung kota di Palembang yang padat, kumuh & rawan kebakaran," ujar Rachmi.
 
Dikatakannya, program PATRA memiliki tiga pendekatan utama. “PATRA fokus pada tiga pendekatan yakni keselamatan, keterampilan & kreativitas serta keberdayaan,” ujarnya.
 
Melalui program PATRA, Kilang Pertamina Plaju telah berupaya mengatasi berbagai masalah utama di beberapa titik wilayah yang berada di Kecamatan Plaju, Kota Palembang.
 
Adapun permasalahan kepadatan, kumuh dan lingkungan buruk telah berhasil disolek, dibuktikan dengan tiga kelurahan di Kecamatan Plaju masuk dalam destinasi wisata edukatif di Kota Palembang pada 2021.
 
Pada aspek pelestarian lingkungan, Kilang Pertamina Plaju juga telah berperan serta mengajak stakeholders untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan  produk Breezon MC-32 yang juga diproduksi di Kilang Polypropylene. 
 
 
Uji Coba produk refrigeran ramah lingkungan ini dilakukan berbagai kantor instansi di kecamatan Plaju sebagai ring 1 perusahaan, seperti kantor kecamatan, kantor lurah, kantor polsek, koramil, puskesmas maupun fasilitas umum seperti masjid dan mushola. Penggunaan Breezon MC-32 pun kompatibel dengan berbagai merk Air Conditioner (AC).
 
Produk Breezon MC-32 sendiri memiliki indeks global warming potential (GWP) 30 persen lebih rendah dibanding dari jenis refrigeran lainnya, hal ini membuat konsumsi energi dapat dihemat hingga 30 persen. Melalui hal itu, Kilang Pertamina Plaju telah menerapkan Creating Shared Value (CSV) yang sejalan dengan strategi dan daya saing bisnis perusahaan.
 
Ajang TOP CSR Awards 2022 yang mengusung tema "Being a Responsible Company is the Key Strategy for Business Sustainable Growth" ini merupakan penilaian dan pemberian penghargaan tertinggi kepada perusahaan yang dinilai berhasil menjalankan program CSR secara efektif dan berkualitas.
 
"TOP CSR Awards ini merupakan kegiatan pembelajaran CSR sekaligus kegiatan penghargaan CSR terbesar dan paling membanggakan di Indonesia," ujar Lutfi dalam sambutannya.
 
Adapun penilaian TOP CSR Awards, tidak hanya aspek kepatuhan (compliance) terhadap ISO 26000SR tentang kepedulian sosial yang menjadi standar global dalam pelaksanaan CSR, namun juga aspek Good Corporate Governance (GCG), aspek keselarasan program CSR dengan strategi dan daya saing bisnis perusahaan.
 
Hasil penilaian GCG yang baik, menjadi salah satu prasyarat awal untuk menerima penghargaan TOP CSR Awards 2022. "Program CSR yang efektif, lebih mudah diterapkan jika GCG perusahaannya baik," pungkas Lutfi.
 
Top CSR Awards, diselenggarakan setiap tahun oleh Majalah Top Business, yang bekerja sama dengan sejumlah institusi seperti Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia (PaGI); Asosiasi GRC Indonesia; Corebest (lembaga konsultan dan pelatihan CSR); LKN (Lembaga Kajian Nawacita); Yayasan Pakem (Yayasan Pengembangan Keuangan Mikro); SDP (PT Sinergi Daya Prima/konsultan GCG); SGL Management (konsultan Manajemen dan bisnis); Solusi Kinerja Bisnis (SKB).
 
Penghargaan yang diberikan untuk tahun ini, merupakan kesinambungan dari penghargaan serupa yang diberikan tahun-tahun sebelumnya. 
 
kegiatan ini diikuti oleh 850 perusahaan di Indonesia (long list kandidat pemenang). Ada sebanyak 200 perusahaan yang mengikuti penilaian, dan 160 perusahaan mengikuti secara lengkap. “Jumlah ini meningkat 10% dibanding tahun lalu yang sebanyak 145 perusahaan,” kata Lutfi.
 
Sekaligus, Top CSR Awards bukan hanya sekadar kegiatan penilaian dan pemberian perhargaan semata, namun didalamnya ada banyak proses pembelajaran bersama untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas CSR perusahaan.
 
Contoh proses pembelajaran itu, adalah adanya sesi Nilai Tambah dalam  kegiatan Wawancara Penjurian, yang terus dibudayakan dalam kegiatan award-award yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business atau MSI Group. 
 
“Di dalam Sesi Nilai Tambah ini, Dewan Juri memberikan masukan dan saran-saran perbaikan kepada para peserta, untuk meningkatkan kualitas CSR perusahaan, ke depan,” papar Lutfi.
 
Rachmi mengatakan Kilang Pertamina Plaju akan selalu menjalankan program CSR yang berkelanjutan, selaras dengan GCG dan akan berupaya mewujudkan CSV dalam implementasinya.
 
"Kita selalu mengedepankan inovasi dalam menjalankan program CSR, termasuk akan memaksimalkan aspek CSV dalam implementasinya, sebagai bentuk kepedulian kami kepada masyarakat dan lingkungan sekitar perusahaan," sambung Rachmi.
 
Ia juga berterimakasih kepada seluruh stakeholders Kilang Pertamina Plaju yang telah bersinergi dan mendukung implementasi program CSR.
 
Dengan Program PATRA ini, Kilang Pertamina Plaju telah turut berkontribusi terhadap terwujudnya 10 tujuan pembangunan berkelanjutan yang tertuang dalam Sustainable Development Goals (SDGs). 
 
Dengan ini pula, Kilang Pertamina Plaju juga telah berpartisipasi dalam memenuhi aspek ESG (Environmental, Social & Governance).
----------------------------------------
Media Contact
Siti Rachmi Indahsari
Area Manager Communication, Relations & CSR RU III Plaju - Sub Holding Refining & Petrochemical Pertamina
M: 08127122972
E: siti.indahsari@pertamina.com
 
Sertifikat
Sertifikat kampung English
Piagam 3

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments