oleh

Intip Tips Jualan Untung Bagi Pemula

-Ekonomi, dibaca 2396 x

LAJU SUMSEL -- Tips jualan untung, tentu saja menjadi informasi yang banyak dicari oleh pengusaha pemula. Namun perlu juga diketahui bahwa ketika berjualan, tidak selalu akan mendapatkan keuntungan, sebab kerugian juga ada di depan mata.

Meski demikian, dengan mengetahui tips-tips jualan yang menguntungkan, harapannya para pedagang ini memiliki semangat dan berpikir progresif untuk kelangsungan usahanya.
 
Di bawah ini ada beberapa tips, bagaimana cara agar jualan laris manis. Mari kita perhatikan bersama.
 
Tips Jualan Untung untuk Pemula
Ketika mengembangkan bisnis, tentu para pemula butuh bekal yang banyak dan persiapan yang matang. Karena seperti yang anda lihat, saat ini banyak pedagang yang bermunculan dengan beraneka macam barang.
 
 Source : pexels.com
 
1. Buat Catatan Keuangan 
Membuat catatan keuangan bisnis adalah hal yang sangat penting. Dengan menggunakan buku catatan ini, anda bisa melakukan evaluasi usaha.
 
Catat semua transaksi yang masuk dan keluar, jumlah barang terjual dan termasuk juga besaran utang piutang jika mungkin ada.
 
2. Berikan Harga yang Pas
Ketika anda berjualan, pastikan sudah melakukan riset pasar. Riset pasar ini sangat berguna bagi anda untuk menentukan besaran margin keuntungan dan harga jual.
 
Berikan harga yang paling pas. Tidak perlu menjual dengan harga terlalu murah dan tentu saja jangan terlalu mahal karena ada banyak pesaing.
 
3. Gunakan Media Promosi yang Tepat
Media sosial adalah salah satu alat promosi yang tepat bagi pemula. Tentu saja karena anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan promosi di dalamnya.
 
Dengan menggunakan media sosial pula, pemasaran luas karena mudah sekali menjangkau banyak calon konsumen. 
 
Namun, jika anda memiliki modal yang cukup banyak, tidak ada salahnya menggunakan jasa ahli untuk membantu menyusun strategi pemasaran yang tepat.
 
4. Jual Produk yang Banyak Dibutuhkan
Agar jualan laris manis, anda juga bisa menyediakan produk-produk yang banyak dicari oleh konsumen. Dengan menjual barang semacam ini, tentu usaha anda akan bertahan.
 
Salah satu jenis barang yang sangat dibutuhkan adalah popok dan susu bayi. Anda bisa menjual dua barang ini dalam satu toko. Selain itu, dengan menjual produk yang spesifik, juga menjadikan branding sehingga toko anda mudah dikenal para pembeli.
 
5. Bangun Relasi
Tips jualan untung lainnya adalah dengan memperbanyak relasi. Relasi ini, bisa dari jaringan pertemanan anda, kerabat maupun orang lain yang anda kenal.
 
Bahkan, anda juga bisa meminta bantuan orang terdekat untuk mengenalkan relasi yang dimilikinya, lho!
 
6. Jeli Terhadap Peluang Lain
Peluang lain yang dimaksud di adalah dengan menjalankan lebih dari satu usaha (jika memungkinkan). Hal lain yang juga bisa anda lakukan adalah dengan berjualan online.
 
Ketika anda jual online, bisa dengan menggunakan marketplace, salah satunya adalah Blibli. Mengapa di Blibli? Tentu saja karena Blibli memiliki banyak keuntungan bagi anda para pedagang. 
 
Pertama, Blibli tidak menarik biaya deposito maupun denda untuk para seller. Kemudian, adanya gratis ongkos kirim dan asuransi yang ditanggung pihak Blibli. Lalu, bonus modal usaha hingga 5 juta rupiah bagi seller yang bergabung pada bulan Desember!
 
Bagaimana? Sangat menarik dan menguntungkan, bukan? Itulah mengapa, sebelum memulai berjualan online di marketplace anda juga perlu mencari tahu berbagai informasi mengenai keuntungan yang akan didapatkan.
 
Sebagai penjual pemula, anda perlu mempertimbangkan sekecil apa pun biaya yang dikeluarkan untuk keperluan bisnis. 
 
Berbekal tips jualan untung ini, semoga anda bisa dengan baik dan bijak dalam mengambil keputusan apapun terkait dengan usaha yang sedang dirintis. Semoga beruntung.
Sertifikat
Sertifikat kampung English
Piagam 3

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments