oleh

Day-2 English Camp 2024 : Memberdayakan Anak Cerdas dan Sehat melalui Pendidikan tentang Kesehatan Reproduksi dan Gizi Seimbang

-Sosial , dibaca 265 x

Reportase:

Rima Anadia, Tarisha Kahla Sabitha, Bella Safhira, Lola Ariska (S1 Kesehatan Masyarakat FKM Universitas Sriwijaya)

 
 
Palembang - Minggu, 3 Maret 2024, hari ke-2 dilaksanakannya kegiatan English Camp 2024 yang diselenggarakan oleh Tim Mahasiswa S1 Epidemiologi FKM Unsri 2021.
 
Kegiatan dibuka dengan ice breaking dan review pembelajaran dari hari sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk membangun suasana yang nyaman dan menyenangkan, serta mengingatkan peserta tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya. Selanjutnya, materi utama yang disampaikan adalah mengenai gizi seimbang. Anak dan remaja diajarkan mengenai makanan yang sehat dan seimbang melalui metode interaktif yakni bernyanyi lagu “Isi piringku”. 
 
“Hari ini diajarin tentang Isi piringku, menurut aku, materinya penting agar tidak sakit dan tidak terjadi demam sesuatu atau penyakit lainnya” ujar Fatir (9 tahun), salah satu anak yang mengikuti kegiatan English Camps. 
 
Gambar: sesi pembagian buku “English Is Fun” pada anak-anak
 
Antusiasme pun semakin terlihat ketika adik-adik menerima buku “English is Fun” sebagai media belajar bahasa inggris yang seru. 
 
“Seneng yuk karno bukunyo biso dipake belajar samo maen tebak-tebakan di sekolah, biso jawab-jawab pertanyaan” tutur Aliya, adik rusun, dengan bangga. 
 
Salah satu metode yang digunakan oleh volunteers dalam pemberian materi yaitu dengar, tiru, lalu terapkan. Dengan metode ini, peserta diajak untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris sehari-hari yang berkaitan dengan “greetings”. Hal ini tidak hanya meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, tetapi juga memperkaya kosakata anak-anak 24 Ilir yang menjadi sasaran kegiatan. 
 
Selain itu, terdapat games true or false yang menguji pemahaman peserta tentang materi yang telah disampaikan. Games ini tidak hanya menghibur, tetapi juga efektif dalam mengukur sejauh mana peserta memahami konsep isi piringku. Selanjutnya, terdapat sesi visiolens, dimana anak-anak dapat mengekspresikan pemahaman mereka mengenai kondisi lingkungan tempat tinggal mereka melalui fotografi. Hasil fotografi kemudian diinterpretasikan oleh anak-anak untuk melihat makna yang terkandung di dalamnya.
 
Gambar: adik-adik mengamati hasil fotografi
 
Di sisi lain, tim S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat juga turut membersamai dengan salah satu kegiatan yang paling dinantikan, yaitu pengenalan gizi seimbang dan masak sesuai dengan isi piringku melalui kegiatan lomba masak oleh para ibu. Para ibu diajak untuk menciptakan hidangan sehat dan bergizi yang memenuhi kriteria gizi seimbang. Melalui kegiatan ini, para ibu dapat belajar cara memasak yang sehat dan menyenangkan, serta mempraktikkan pengetahuan tentang gizi yang telah mereka pelajari.
 
Gambar: sesi penyerahan sertifikat dan cinderamata kepada PJ Lurah 24 Ilir
 
Setelah semua kegiatan selesai dilaksanakan, acara ditutup dengan pembagian hadiah kenang-kenangan. Hal ini sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi dan kreativitas para peserta dalam mengikuti kegiatan English Camp. Dengan demikian, program English Camp di rumah susun 24 Ilir tidak hanya memberikan pengetahuan tentang gizi seimbang, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak-anak dan para ibu.
 
“Harapan kami adik-adik bisa lebih memahami dan mengetahui pola hidup sehat, menikmati hidup di rumah susun, dan membimbing adik-adik disini”. Ujar PJ Lurah 24 Ilir dalam sambutan terakhirnya.
 
Rumah susun 24 Ilir di Palembang tidak hanya menjadi tempat tinggal, tetapi juga dapat menjadi tempat pembelajaran yang menyenangkan. Dengan beragam kegiatan yang menarik dan interaktif, program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan dan gizi seimbang sembari menambah vocabulary dan percakapan dalam bahasa inggris pada anak.
 
Gambar: sesi pembagian hadiah dan tempat sampah kepada anak-anak

Kegiatan ini berhasil mendapat dukungan dari berbagai pihak, diantaranya Pelembang Indah Mall, yang berperan sebagai salah satu sponsor acara dan membantu mensukseskan acara English Camps Kampung Pandai. Selain itu juga berhasil mendapatkan respon positif dari berbagai pihak terutama masyarakat Ilir 23. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan kreatifitas anak-anak terkait gizi seimbang, serta dapat mewujudkan kepedulian masyarakat terhadap pemenuhan asupan makanan yang sehauk keluarga.t dan bergizi.
 
Sertifikat
Sertifikat kampung English
Piagam 3

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments