oleh

I Am The Boss Of My Body Edukasi Kesehatan Reproduksi Anak di Kampung Sayur Cempako

-Sosial , dibaca 198 x

Oleh:

Mifta Syafira Arindya, An Nisaa Berlian, Elsa Bargifa Tampubolon, Miftahul Zannah, Siti Nur Saffanah

 
 
Memasuki pekan kedua English Camps 2024 yang dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya yang dipelopori oleh Najmah Usman S.KM., M.PH., selaku dosen di bidang Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya. Program hari ini berfokus untuk memberikan edukasi singkat dalam bahasa Inggris mengenai aturan-aturan ketika menyentuh bagian pribadi dan diikuti permainan menarik untuk menghilangkan rasa jenuh pada anak-anak.
 
Kegiatan di mulai pada hari Sabtu, 2 Maret 2024, dan merupakan hari ketiga tim English Camps dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Unsri kembali berkunjung ke Kampung Literasi 26 Ilir Palembang dan Kampung Sayur Cempako setelah melakukan kunjungan pertama dan kedua pada pekan lalu.
 
Tim English Camps Selalu memeberikan materi kepada anak-anak setiap pertemuannya, dengan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan bilingual harapannya anak-anak bisa mengartikan kosa kata sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Lebih dari 40 anak yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan English Camps yang diadakan di Kampung Literasi dan Kampung Sayur.
 
Menjelang pukul 14.00 siang, walaupun hujan mengguyur tapi tidak meyurutkan semangat anak-anak untuk mengikuti kegiatan, kegiatan English Camps mulai dibuka dengan diawali pengisian absensi kepada anak-anak kemudian dilanjutkan pembacaan doa belajar yang dipimpin oleh salah satu volunteer.
 
Seluruh rangkaian kegiatan hari ini dipandu oleh dua orang MC untuk tiap kampung yang telah dipersiapkan oleh panitia tim Program Planner yang bernama Emilda dan Bella Charisma Ananda untuk Kampung Sayur sedangkan Mutia Fajriani dan Sarah Rufaidah di lokasi Kampung Literasi.
 
“Di sana kegiatannya seru soalnya di kasih banyak snack dan kakak yang mengajari kami lumayan baik”, Kata Eca salah satu anak di Kampung Sayur Cempako
 
Tim volunteer memberikan ice breaking dengan bernyanyi lalu melakukan gerakan cepat kepada anak-anak untuk menyegarkan pikiran sebelum melanjutkan ke sesi materi. Kegiatan ice breaking berlangsung meriah diiringi sorakan anak-anak dan volunteer.
Kemudian dilanjutkan pemberian materi dan exersice melalui media buku dan beberapa alat peraga yang telah diberikan tim English Camps pada pertemuan sebelumnya diikuti tanya jawab untuk melihat kemampuan anak-anak setelah pemberian materi.
 
Gambar: Anak-Anak Kampung Sayur dan Kampung Literasi 26 Ilir mengerjakan exercise yang diberikan
 
Uniknya kegiatan hari ini ditemani oleh Kak Naba di Kampung Literasi yang menarik antusias anak-anak dengan berbagai pertunjukan sulapnya dan beberapa hadiah yang diberikan, begitu juga untuk Kampung Sayur tim English Camps mengundang Duta Literasi yaitu Ratu Tenny Leriva S.Ked yang disambut dengan penampilan menyanyi dari anak-anak Kampung Sayur dan pemberian materi seputar bagian tubuh yang tidak boleh disentuh. Pemberian materi oleh Duta Literasi yaitu kak Ratu Tenny Leriva S.Ked sangat disambut baik oleh anak-anak, anak anak merasa senang dan antusias atas kehadirannya.
 
Gambar: Sesi Perkenalan Duta Literasi Ratu Tenny Leriva S.Ked di Kampung Sayur dan Pertunjukkan sulap oleh kak Naba di Kampung Literasi
 
Menjelang akhir kegiatan anak-anak yang hadir diberikan snack kemudian diikuti foto bersama tamu undangan. Pada pertemuan ketiga ini kegiatan ditutup dengan pembacaan doa oleh Muhammad Farhan Rasyid dan M Zakaria Ridho Setiawan sebagai bentuk rasa syukur atas kelancaran kegiatan hari ini. Tidak lupa juga, Tim English Camps beserta ibu Najmah Usman S.KM., M.PH., mengucapkan banyak terimakasih kepada Palembang Indah Mall telah mensupport hadiah yang diberikan kepada anak-anak di Kampung Sayur Cempako.
 
Gambar: Sesi Foto Bersama di Kampung Literasi dan Kampung Sayur
 
Ikuti kegiatan Kampung Pandai 2024 melalui Instagram (@kampungpandai_sumsel
 
Sertifikat
Sertifikat kampung English
Piagam 3

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments