oleh

Launching Gerakan Literasi Kampus Sehat Unsri: Unsri Sehat, Unsri Hebat

-Sosial , dibaca 1737 x

Reportase oleh:

Nabila Putri Gumay

(Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKM Unsri)

 
Menjelang hari Pahlawan 10 November 2023, 300 mahasiwa FKM Unsri bergerak untuk meningkatkan literasi kesehatan di Kampus Universitas Sriwijaya. Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sriwijaya mengadakan  pameram poster Kampus Sehat di Student Center FKM Unsri. Pameran poster berlangsung pada hari Kamis, 9 November 2023 Pukul 10.00 WIB s/d selesai. Lima CEO mempersiapkan kegiatan ini, yaitu, Nurul Shafwa Luthfia, Sakira Septi Wahyuaningsih, Nabila Putri Gumay,  Alya Gadis Aqilah dan Tyas Rahmawati.
 
Pameran Kampus Sehat FKM ini diawali dengan sambutan Dekan FKM Universitas Sriwijaya Ibu Dr Misnaniarti, S.K.M., M.K.M. Rangkaian acara selanjutnya yaitu penayangan video tim volunteer Kampus Sehat dn Video Iklan Layanan Mayarakat. Semua karya disiapkan oleh mahasiswa selama tiga minggu terakhir, dari proses drafting, menulis dan revisi lalu pameran. Setelah itu dilakukan foto bersama seluruh dosen dan mahasiswa/i dengan menunjukkan karya mereka masing-masing. 
 
 
“Kegiatan pameran poster ini memberikan pengetahuan serta pengalaman baru kepada saya, dari pameran ini sebagai mahasiswa kita dapat belajar menerima, memahami dan mengkritisi suatu informasi dengan bijak”, ujar Najwa. Pentingnya literasi untuk pemberdayaan individu dalam berpikir, belajar, berpartisipasi dalam masyarakat dan mencapai potensi penuh mereka” Ujar Hersya, salah satu mahasiswa FKM Unsri.
 
Pada akhir acara secara bersamaan berkeliling melihat karya media literasi dan memberikan komentar dan masukkan untuk media literasi yang telat dibuat serta sosialisasi dan evaluasi media literasi ke mahasiswa lainnya. Tak lupa, setiap tim menyiapkan souvenir sederhana untuk para pengunjung poster edukasi dan melakukan instagram live, untuk mempromosikan poster dan leaflet yang sudah mereka hasilkan. Beberapa dosen FKM Unsri turut memberikan masukan-masukan terkait media edukasi yang sudah dikembangkan. 
 
Ada delapan tema literasi kesehatan utama yang diangkat, meliputi: aktifitas fisik, makanan sehat, kesehatan mental, literasi kesehatan, pencegahan kekerasan seksual dan perundungan (bullying), kesehatan lingkungan, kesejahteraan dan tolerasnsi keterbatasan fisik (disabilitas), keamanan dan keselamatan kampus dan informasi terkait narkotika, alkohol dan merokok. Ada 40 poster, 40 leaflet, 20 video edukasi dan 40 artikel yang semua dituliskan dan didesign langsung oleh mahasiwa FKM Unsri. Semua media yang dikembangkan akan dimuat di website kampus sehat Unsri. 
 
 
` Sebelum berakhirnya acara diadakan refleksi kegiatan serta flashmob dari mahasiswa FKM Unsri untuk memeriahkan acara Pameran Kampus Sehat ini oleh Kak Salwa dan Kak Buana. Ibu Najmah, S.K.M., M.PH., PH.D, sebagai coordinator literasi Kampus Sehat Unsri memberikan apresiasi kepada tiap kelompok dengan memberikan coklat dan sertifikat volunteers untuk perwakilan tim mahasiswa.  
 
Semoga apa yang telah dilaksanakan dapat melancarkan kegiatan Kampus Sehat di Universitas Sriwijaya yang digawangi oleh Wakil Rektor 3 Universitas Sriwijaya, Iwan Stia Budi, SKM, M.Kes dan diketuai oleh Ibu Fatmalina Febry, SKM, M.Si. Aksi kecil untuk meningkatkan literasi kesehatan dan dimulai oleh gerakan mahasiswa sebagai ‘real knower’ yang paling tahu, informasi apa yang haris didapatkan oleh mahasiswa untuk mendukung Kampus Sehat Unsri. Unsri sehat, Unsri Hebat. 
 
Sertifikat
Sertifikat kampung English
Piagam 3

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments