oleh

Kegiatan Kampung Pandai Indralaya Season 2 di Desa Wisata Ekowisata Burai Ogan Ilir Resmi Ditutup

-Sosial , dibaca 1345 x

LAJU SUMSEL, BURAI -- Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya, Dr. Misnaniarti, S.KM. M.KM. menghadiri kegiatan Kampung Pandai Indralaya (KPI) Season 2 di Desa Wisata Ekowisata Burai Ogan Ilir pada 4 Maret 2023, sekaligus menutup kegiatan ini dengan resmi, Sabtu (04/03).

Kegiatan Kampung Pandai Indralaya (KPI) season 2 ini dilaksanakan sebanyak dua pertemuan, yaitu pada 25 Februari dan 4 Maret 2023, kegiatan ini dilindungi oleh Dr. Misnaniarti. S.KM., M.KM. selaku dekan FKM UNSRI. Pada pertemuan kedua ini, agenda yang dilakukan sangat banyak yaitu senam bersama, praktik sikat gigi dan cuci tangan, lomba mewarnai, English Camps dan pengambilan data tentang stunting. Beberapa agenda tersebut dibimbing oleh dosen-dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat yaitu Najmah, S.KM., M.PH., PhD., Feranita Utama, S.KM., M.Epid., dan Ery Erman, S.KM., MA, drg. Danny Kusuma Aerosta, M.K.M serta didampingi oleh Waluyanto, A.Md.
 
 
Beberapa agenda diadakan di 3 tempat, yaitu balai desa, lapangan dekat sungai desa burai, dan rumah-rumah masyarakat desa. Kegiatan yang diadakan di balai desa yaitu senam, praktik sikat gigi dan cuci tangan, lomba mewarnai, pengambilan data oleh tim survei, dan english camps bagi usia dini sampai anak kelas 2 SD. Sedangkan kegiatan yang diadakan di lapangan dekat sungai desa burai yaitu english camps bagi anak kelas 3 sampai 6 SD. Sedangkan kegiatan yang diadakan di rumah-rumah masyarakat desa yaitu pengambilan data oleh tim survei. Banyaknya agenda ini didampingi dan diarahkan oleh kader dan karang taruna di desa tersebut, serta tim public safety dari kegiatan KPI Season 2 agar kegiatan tetap berjalan dengan aman dan lancar.
 
 
English camps adalah sebuah gerakan belajar sambil bermain yang didirikan oleh Najmah S.KM. MPH., PhD., di mana program ini gratis bagi anak-anak untuk belajar bahasa Inggris, dan juga menjadi wadah bagi volunteer/ mahasiswa untuk mengembangkan skill. Pada english camps KPI Season 2 ini menggunakan buku bahasa Inggris karya mahasiswa/i Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) angkatan 2022 yang berjudul “My Food My Superpower”. Selain belajar bahasa Inggris, anak-anak diselingi bermain agar pembelajaran yang dilaksanakan tidak monoton. 
 
 
Pada waktu yang sama, tim survei dari IKM angkatan 2022 menjalankan aksinya untuk mengumpulkan data mengenai stunting melalui masyarakat desa terutama ibu yang mempunyai anak di bawah usia 5 tahun. Selain pengumpulan data, tim survei juga mengadakan penyuluhan stunting secara eksklusif yang diharapkan responden lebih merasa aman dan nyaman untuk bercerita. Tim survei ini juga terbagi menjadi dua kelompok berdasarkan lokasi pengumpulan data yaitu kelompok pertama di balai desa yang dilakukan sembari ibu-ibunya melakukan posyandu bulanan, dan kelompok kedua yaitu blusukan di rumah masyarakat Desa Burai.
 
Pada 4 Maret 2023, kegiatan ini ditutup secara resmi oleh dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya, Dr. Misnaniarti, S.KM. M.KM., dengan penyerahan sertifikat, buku English Camps dengan judul "My Food My Superpower", buku mewarnai, leaflet tentang Stunting, dan cenderamata kepada Kepala Desa Wisata Ekowisata Burai yaitu Erik Asrillah, Am.Kep., serta kader, karang taruna, dan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) yang telah membantu menyukseskan kegiatan KPI Season 2. Selain itu, kegiatan Kampung Pandai Indralaya Season 2 ini dibantu oleh beberapa media partner yaitu Sumeks.co, Laju Sumsel, PALTV, dan Harian Pagi Sumatera Ekspress.
 
"Terima kasih untuk ibu Najmah, S.KM., M.PH., PHD., yang telah mendirikan kegiatan ini. Terima kasih juga kepada dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat yaitu Feranita Utama, S.KM., M.Epid., Ery Erman, S.KM., MA, dan Waluyanto, A.Md.yang turut andil dalam kegiatan ini. Terima kasih juga untuk bapak Erik Asrillah, Am.Kep., karang taruna, kader, dan POKDARWIS, serta masyarakat Desa Burai yang telah menerima kami dengan baik. Terima kasih kepada media partner yaitu Sumeks.co, Laju Sumsel, PALTV, dan Harian Pagi Sumatera Ekspress. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat Angkatan 2022," ucap Dr. Misnaniarti, S.KM. M.KM., selaku dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya.
 
Resminya ditutup kegiatan Kampung Pandai Indralaya Season 2 oleh dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya, Dr. Misnaniarti, S.KM. M.KM. Maka, berakhir pula kegiatan KPI Season 2 ini. Semoga apa yang telah dilakukan dapat membuahkan hasil positif dan semoga kegiatan selanjutnya ini akan lebih baik lagi dari yang sekarang.
 
Penulis:
NURUL RAHMA
Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKM Unsri
 
Sertifikat
Sertifikat kampung English
Piagam 3

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments