oleh

Gerakan Literasi bersama Perpustakaan Keliling Provinsi Sumatera Selatan di Sanitary Camps Musi River

-Sosial , dibaca 551 x

Oleh: Erfi, Wulan, Mahwa Savira, Mala Ramawati & M. Ricko 

(Mahasiswa Kesehatan Lingkungan FKM Unsri)

Editor: Erni Wahyuni
INSTAGRAM : @SanitaryCamps_2022
 
 
Palembang - 5 Maret 2022, pukul 13.30 WIB pilot project minggu ke-3 Team Sanitary Camps Musi River, seperti biasa, kegiatan dimulai dengan menyanyikan Jargon Tepuk Cindo, Greeting Song dan Isi Piringku oleh anak-anak bersama Team Sanitary Camps. Anak-anak tentu sangat antusias dengan kegiatan hari ini. Namun sedikit kejutan untuk anak anak dikarenakan Team Sanitary Camps pada minggu ini mengundang tim Perpustakaan Keliling datang ke tempat kegiatan. 
 
Team Sanitary Camps Musi River kali ini berkolaberasi dengan Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan. Tidak tanggung-tanggung, Duta Literasi Sumsel dan Kepala Dinas mengirimkan dua mobil perpustakaan keliling untuk memfasilitasi 150 anak-anak yang tersebar di dua titik berbeda.
 
Sebelum mobil perpustakaan datang, anak-anak selalu antusias bertanya, “kak, kapan mobilnya datang?”.
 
Sembari menunggu, kakak kakak mahasiswa memberikan kuis cerdas cermat dan kegiatan mewarnai sambil menanti gerakan literasi dimulai. Setelah mobil Perpustakaan datang, anak anak terlihat sangat senang. Anak anak dari lorong Sehat dan lorong Masawah Menuju Mobil Perpustakaan keliling yang terparkir di halaman Masjid Ruziqna, Keluarahan 13 Ulu. Sedangkan anak-anak lorong Agung 1 bergabung dengan anak-anak lorong waspada untuk membaca bersama. Anak anak datang berbaris rapi dan tertib berjalan menuju ke mobil perpustakaan keliling milik Dinas Perpustakaan Sumatera Selatan. 
 
Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan minat baca pada anak-anak melalui buku cerita bergambar, karena anak-anak cenderung lebih menyukai membaca buku dengan gambar yang menarik, seperti berwarna dan bergambar imut. 
 
kak besok ado lagi dak yo mobil perpusnyo, aku masih nak baco lagi kak”- kata Alem anak lorong masawah. 
 
Kesempatan yang sama untuk akses buku-buku yang berkualitas masih sangat terbatas, terutama di daerah perkampungan, sehingga kehadiran tim Perpustakaan Keliling Provinsi Sumsel menjadi suatu kegembiraan bagi anak-anak ini.
 
Tak lupa tim dari perpustakaan Provinsi sumsel mengenalkan anak-anak Salam Literasi. Yuk bareng-bareng adek adek ikutin kami “Salam Literasi, literasi untuk kesejahteraan”. Riuh anak-anak mengulangi salam literasi di dua titik ini.
 
Gerakan Literasi bersama tim Perpustakaan Keliling Provinsi Sumsel (Dokumentasi Kak Wulan, Erfi dan tim Sanitary Camps)
 
Keceriaan dan semangat anak-anak kampung 13 Ulu terlihat jelas dari suara mereka yang antusias saat memilih dan membaca buku namun masih bisa berbagi cerita mengenai buku bacaan mereka masing-masing. 
 
Waktu mulai menunjukkan petang, keceriaan dan semangat anak-anak harus terhenti dan akan bersambung dengan keseruan bersama Mr dan Mrs X yang akan menemani Closing Sanitary Camps Musi River pekan depan. Tak lupa, mahasiswa FKM Unsri memberikan kenang-kenangan berupa sertifikat kepada tim Perpustakan Keliling dan makanan bingen sebagai tanda terimakasih telah meluangkan waktu akhir pekan bersama anak-anak di bantaran Sungai Musi. Terimakasih ibu, terimakasih bapak.
 
Minggu depan kejutan lain menanti “besok minggu terakhir bakal ado artis hitz dan sulap, jadi jangan dak dak dateng yo”- kata Team Sanitary Camps kak Deva. Tentunya dijawab dengan ciri khas suara nyaring anak-anak “siapp kak”. 
 
See You Next Week 
 
Sertifikat
Sertifikat kampung English
Piagam 3

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments