oleh

Gigiku Sehat, Makanku Lahap: Belusukan Bersama Dino dan Kak drg. Danny di English CAMPung 13 Ulu Palembang

-Sosial , dibaca 62 x

Reportase: Chynta RV, Zhafira Nur Yazid, Nur Zihan Ariqa

 
Palembang – Lalu-lalang kendaraan sepanjang jembatan musi IV, membawaku kembali sebagai volunteer English CAMPung di awal tahun 2022. English CAMPung yang merupakan salah satu program dari Kampung Pandai 13 Ulu pada tanggal 8 Januari 2022 telah memasuki minggu ke-3. Kegiatan English CAMPung ini dilaksanakan dari tanggal 18 Desember 2021 sampai dengan tanggal 15 Januari 2022 setiap hari sabtu pukul 14.00-16.00 sore. Antusiasme anak-anak di tiap lorong juga masih terjaga, mulai dari Lr. Agung I, Lr. Waspada, Lr. Sehat dan Lr. Beringin. Beberapa anak juga masih mengenakan baju pramukannya sembari bergegas pulang dari sekolah menuju bubbles masing-masing. 
 
Mengenal kosakata dalam Bahasa inggris healthy food (Doc: Chynta RV) 
 
Kegiatan English CAMPung 13 Ulu selalu dinanti kehadirannya, karena memberikan manfaat dan memperkenalkan cara belajar yang menyenangkan kepada anak-anak sekolah dasar di kampung 13 Ulu. Tak hanya bagi siswa, namun kegiatan ini juga memberikan dampak dan energi positif bagi mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan.
 
Sudah lebih dari dua minggu para volunteer tidak menyapa anak-anak di 13 Ulu. Kegiatan minggu ke-3 dibuka dengan lagu isi piringku dengan gerakan sorai khas anak-anak. Lagu ini mengajarkan mengenai makanan sehat dan bernutrisi untuk di konsumsi. Teriakan anak-anak menamai buah dan sayur dalam Bahasa Inggris ditambah aktivitas mewarnai sangat diminati mereka. Pada minggu ke-3 ini menjelaskan materi mengenai Healthy Food. Dikesempatan ini dilakukan pengenalan sayuran, buah-buahan, minuman, dan makanan sehat lainnya. Materi Isi Piringku diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan anak mengenai makanan bernutrisi untuk menjaga daya tahan dan stamina. 
 
Selain edukasi mengenai makanan sehat, English CAMPung juga disambangi oleh drg. Danny Kusuma Aerosta, MKM. Beliau telah menjadi pemateri untuk kedua kalinya di Kampung Pandai 13 Ulu. Para peserta telah diiingatkan untuk membawa gosok gigi dan gelas plastik dari rumah sejak pertemuan terakhir, pasalnya Kak drg. Danny dan Dino (Si Boneka Dinosaurus Bergigi) bakal belusukan ketiap bubbles untuk mengajarkan cara menggosok gigi kepada anak-anak. Senyum semuringah tergambar sembari memperlihatkan gigi-gigi seri mereka. Beberapa adik-adik dari Lr. Beringin yang menyambangi teman di lr. Sehat juga semangat menanti kehadiran Kak drg. Danny dan Dino walau diguyur rintik hujan.
 
Kak drg. Danny menjelaskan cara menyikat gigi di Lr. Sehat (Doc: Chynta RV)
 
Sore itu, destinasi pertama yang di sambangi Kak drg. Danny adalah Lrg. Waspada, dan peserta yang hadir mencapai 50 peserta. Suara gemuruh hujan pun tersamar oleh lantunan lagu Mahkota gigiku yang di tunjukkan Drg. Danny. Kak Danny menjelaskan bahwa gosok gigi itu sangat penting. Menyikat gigi yang benar dilakukan minimal dua kali sehari, sekali saat setelah bangun pagi, dan saat menjelang tidur. Anak-anak mengangguk riuh sambil menunjuk satu dengan yang lainnya. 
 
Gigi Dino sedang di sikat oleh anak Lr. Waspada (Doc: Zhafira Nur Yazid)
 
Kak drg. Danny dan Dino menjelaskan kepada anak-anak cara menggosok gigi yang benar. Beliau mencontohkan kepada Dino si Dinosaurus bergigi putih.
 
1. Menggosok gigi dimulai dari bagian geraham (gigi belakang)
 
Adik-adik diminta untuk membasahi sikat giginya kemudian diberikan pasta gigi secukupnya, gosok bagian luar gigi geraham dengan gerakan memutar bulat-bulat selama kira-kira 20 detik. Setelah itu, gosok gigi geraham dari atas ke bawah, mulai dari batas gusi hingga ujung gigi. Lakukan kedua gerakan tersebut pada semua bagian luar gigi geraham, baik sisi atas maupun bawah. Setelah itu, ulangi langkah yang sama pada bagian dalam gigi geraham.
 
2. Sikat gigi bagian depan
 
Setelah semua gigi geraham selesai disikat, arahkan sikat ke gigi depan bagian luar. Gerakkan sikat gigi secara melingkar dan perlahan hingga semua permukaan gigi depan terkena, agar sisa makanan dapat tersapu. Setelah itu, gosok bagian dalamnya dengan gerakan vertikal (ke atas dan ke bawah) pada deretan yang atas maupun bawah. Ulangi cara menggosok gigi ini sebanyak 2–3 kali pada masing-masing sisi.
 
3. Sikat permukaan mengunyah
 
Permukaan mengunyah gigi geraham ukurannya lebar dan agak cekung, sehingga memungkinkan makanan untuk menempel di sana. 
 
4. Sikat area lidah dan sisi dalam pipi
 
Setelah semua gigi tersikat, jangan lupa untuk menyikat permukaan lidah dan sisi dalam pipi dengan sikat gigi atau sikat lidah. 
 
Kegiatan menggosok gigi di Lr. Agung I (Doc. Nur Zihan Ariqa)
 
Kak drg. Danny juga berpesan untuk menyikat gigi selama 4-5 menit, tidak boleh menggosok terlalu kuat dan jangan lupa untuk mengganti sikat gigi secara berkala setiap 3–4 bulan sekali, terutama jika bulu sikat sudah berubah bentuk atau terlihat kotor. Terlebih lagi Sikat gigi tidak boleh digunakan bersama. 
 
Gigi Dino sedang di sikat oleh anak Lr. Waspada (Doc: Zhafira Nur Yazid)
 
Kegiatan menyikat gigi Bersama Kak drg. Danny dan Dino berakhir sekitar pukul 16.30 WIB di Lr. Sehat. Para peserta sangat senang bermain dengan dino sambal mencoba menyikat sela-sela gigi boneka merah tersebut. Canda, tawa dan rasa takut karena malu saat bertemu dokter gigi seolah sirna Ketika mereka telah bermain dengan Dino. 
 
Minggu ke-3 pun berlalu dengan sangat mengasikan, semua naka ditiap Lorong sangat riuh menjalani kegiatan English Camp hingga akhir. Tak lupa, pembelajaran minggu ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai cara menggosok gigi yang benar terutama setelah makan-makanan yang bergizi seperti #IsiPiringku. Sama halnya dengan bagian tubuh yang lain, gigi dan mulut juga harus rajin dibersihkan secara menyeluruh agar kesehatannya tetap terjaga. Jadi, mari terapkan cara menggosok gigi yang baik dan benar.
 
Berikut lirik lagu Isi Piringku yang dirilis oleh laman Youtube Nutrisi Bangsa (Cara Asik Ajari Gizi Seimbang dengan Lagu: Lagu “Isi Piringku”).
 
Aku anak sehat dan cerdas
Gemar makan buah, sayur, karbohidrat, dan protein
Cukup minum air dan susu
Tak lupa cuci tangan pakai sabun
Ingat isi piringku, isi piringku
 
Sertifikat
Sertifikat kampung English
HKN
STIa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments