oleh

Tak Ada Calon Menonjol, Pilkada Pagaralam 2024 Bakal Ramai

LAJU SUMSEL, PAGARALAM — Kurang 2 tahun duet Alfian Maskoni- M. Fadly (Alfad) memimpin Kota Pagaralam bakal berakhir, peta politik mulai berubah. Sejumlah kalangan menilai, Pilkada Kota Pagaralam 2024 nanti bakal ramai diikuti para kandidat. Pasalnya, kekuatan incumbent atau petahana tidak terlalu dominan dan tidak ada prestasi yang menonjol selama memimpin Pagaralam.

Hal ini terungkap dalam Diskusi Peta Politik Pilkada Pagaralam 2024 yang digelar Komunitas Milineal Pagaralam (Kompag) secara virtual, Rabu (16/2). 
 
Seminar terbatas secara online ini diikuti ratusan peserta dari berbagai kalangan, seperti mahasiswa, akademisi, aktivis, wartawan dan kalangan politisi. 
 
Presidium Kompag, Eko Wahyu Sanjaya menjelaskan, diskusi ini digelar untuk melihat aspirasi dan kepedulian masyarakat terhadap suksesi kepemimpinan di Kota Pagaralam yang akan digelar sekitar November 2024 mendatang. 
 
“Pilkada Pagaralam 2024 memang masih cukup lama, namun kami ingin melihat seberapa besar animo masyarakat Pagaralam terhadap suksesi kepemimpinan di Kota Pagaralam. Mengingat ajang Pilkada 2024 akan sangat menentukan nasib Kota Pagaralam. Kita ingin mengajak masyarakat untuk berpartisipasi,’’ papar Eko W Sanjaya menghantar diskusi tersebut.
 
Dalam webinar itu, Gerry, mahasiswa  Unsri asal Pagaralam mengajak kalangan mahasiswa untuk berperan aktif memberikan pencerahan kepada masyarakat Kota Pagaralam tentang pentingnya memilih pemimpin yang berkualitas dalam Pilkada Pagaralam 2024 mendatang. 
 
“Pada saatnya nanti kami akan sering menggelar diskusi yang mengundang para calon walikota untuk dibedah visi dan misinya secara terbuka," tegasnya.
 
Pengamat politik Sumsel, Drs Ardiansyah H M.Si mengatakan, berdasarkan data dari sejumlah lembaga survey yang turun di Kota Pagaralam, sampai saat ini belum ada kandidat yang dominan atau sangat kuat yang akan bertarung dalam Pilkada 2024 mendatang. Begitupun posisi petahana Alfian Maskoni dan M. Fadly.
 
“Saya memprediksi Pilkada Pagaralam 2024 bakal ramai diikuti kandidat. Mengingat kekuatan incumbent atau petahana tidak terlalu menonjol. Apalagi selama ini Pilkada Kota Pagaralam memang selalu ramai kandidatnya,’’ ujar dosen ilmu politik salah satu PTS di Kota Palembang ini.
 
Menurut Ardiansyah, setiap calon petahana memang lebih diuntungkan, karena popularitasnya sudah unggul dibanding dengan calon penantang. Namun sebaliknya, jika kinerjanya biasa-biasa saja atau minim prestasi, maka posisi petahana bisa terancam. Mengingat masyarakat sudah dapat menilai kinerjanya selama lima tahun.
 
“Peta politiknya masih sangat dinamis, mengingat waktu masih cukup lama. Namun kondisi ini tidak akan terlalu berubah secara signifikan, karena masa kepemimpinan petahana hanya belasan bulan lagi,’’ paparnya.
 
Sementara itu, informasi yang dihimpun menyebutkan, selain petahana, Alpian dan M. Fadli, sejumlah nama mulai disebut-sebut bakal meramaikan Pilkada Kota Pagaralam, antara lain, Oktaviansyah alias Engga (Anggota DPRD Sumsel/Ketua DPC PKB Kota Pagaralam), Hermanto SH (Ketua DPD PSI Sumsel), Alfrenzi Panggarbesi (anggota DPRD Sumsel), Dessy Siska (Wakil Ketua DPRD Pagaralam), Efsi (Wakil Ketua DPRD Pagaralam), Ir Gunawan, MT (pensiunan) dan  Yumisa (anggota DPRD Kota Pagaralam).
 
(red/mth)
 
Sertifikat
Sertifikat kampung English
Piagam 3

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments