oleh

Majukan Pertanian Sumsel, HD Bakal Dianugerahi Lencana Adi Bhakti Tani Nelayan Maha Utama

-Sumsel Maju, dibaca 369 x

LAJU SUMSELMUARA ENIM -- Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru bakal menerima penghargaan Lencana Adi Bhakti Tani Nelayan Maha Utama. 

Penghargaan tersebut rencananya diberikan oleh Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional pada saat Pekan Nasional (Penas) KTNA pada tanggal 4 hingga 9 Juli 2022 mendatang di Sumatera Barat.
 
Hal tersebut diungkapkan, Ketua KTNA Nasional Yadi Sofyan Noor saat sambutan pada membuka Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XIV tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang dipusatkan di Lapangan Batu Tiking Desa Pulau Panggung Kecamatan Semende Darat Laut, Kabupaten Muara Enim, Senin (15/11/21). 
 
Lebih lanjut, Yadi Sofyan Noor mengatakan, lencana tersebut diberikan kepada Gubernur Sumsel, H Herman Deru atas capaian Sumsel dalam meningkatkan produksi pertanian.
 
"Lencana ini tidak sembarang orang menerimanya. Gubernur Sumsel merupakan orang ketujuh yang mendapatkannya," ungkapnya. 
 
Sofyan menjelaskan, sebelumnya lencana yang sama pernah diberikan kepadaMegawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Joko Widodo dan Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim). 
 
"Lencana Adi Bhakti Tani Nelayan Maha Utama ini merupakan penghargaan tertinggi yang kita keluarkan," tegasnya. 
 
Selain memberikan penghargaan kepada Gubernur Sumsel, KTNA Nasional turut memberikan penghargaan Abdi Bakti Tani Nelayan kepada lima kepala daerah di Sumsel.
 
Kelima kapala daerah yang diganjar penghargaan ini yakni Bupati Muara Enim, Musirawas, Empat Lawang, Ogan Kemering Ilir dan Banyusasin. 
 
"Kelima daerah dinggap memiliki peran penting dalam peningkatan hasil pertanian di Sumsel," terangnya.
 
Mengakhiri sambutannya Yadi Sofyan Noor mengapresiasi digelarnya Peda  KTNA XIV Muara Enim yang berlangsung dari tanggal 15 hingga 17 November 2021 mendatang dengan libatkan sekitar 2.300 peserta dari 17 kabupaten/kota di Sumsel. 
 
Dia menyebut ada sekitar 550 orang pengurus KTNA Nasional. Sedangkan untuk di Sumsel ada sekitar 5.583 orang pengurus daerah hingga ke level kecamatan. 
 
"Peda ini dilakukan untuk mempersiapkan pada penyelenggaraan Pekan Nasional (Penas) yang dilaksanakan 4-9 Juli 2022 di Sumatera Barat," ucapnya. 
 
Sementara itu Gubernur Herman Deru dalam arahannya menyebut, Pemprov Sumsel akan terus berupaya meningkatkan produksi pertanian guna mencapai target Sumsel lumbung pangan di Indonesia.
 
"Saya apresiasi dan terimakasih kepada seluruh kabupaten/kota. Tahun ini kita peringkat empat nasional produksi hasil pertanian, tahun depan kita optimis bisa masuk tiga besar nasional," ungkap Herman Deru mengawali sambutanya.
 
Herman Deru juga berharap, semua kepala daerah di Sumsel terus berupaya lebih keras lagi dalam upaya mensejahterakan masyarakat petani melalui program unggulan sesuai dengan potensi masing-masing daerah.
 
Terlebih lanjut Herman Deru menambahkan dalam waktu dekat akan segera diluncurkan Sumsel Mandiri Pangan sebagai komitmen pemerintah dalam mengurangi pengeluaran kebutuhan rumah tangga sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab semua pihak dalam memajukan pertanian Sumsel.
 
"Kita semua memiliki tanggungjawab untuk memajukan bidang pertanian. Dalam waktu dekat, akan segera meluncurkan Sumsel Mandiri Pangan,” imbuhnya.
 
Turut hadir Menteri Pertanian RI diwakili Kepala SMK Pertanian Sembawa, Mattobi'i, Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Siti Munifah, Ketua KTNA Sumsel, H.M Basyir DA, Bupati Musi Rawas, Ratna Machmud, Bupati Banyuasin, Askolani, Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad, Wakil Bupati Ogan Ilir, Ardani, Anggota DPRD Sumsel Dapil VI Muara Enim, Dirut PT Pusri, Tri Wahyudi Saleh, Direktur Operasional Bank Sumsebabel, Oktiandi.
 
(ril/hum)
 
Sertifikat
Sertifikat kampung English
Piagam 3

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments