oleh

Pentingnya Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

-Opini, dibaca 2662 x

Oleh: Rena Rustiana

(Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sriwijaya)

 
Perubahan kurikulum di Indonesia terjadi sesuai dengan perkembangan zaman. Saat ini Indonesia sudah cukup lama mengalami krisis pembelajaran dalam dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan adanya masa pandemi covid-19. Melihat keadaan pendidikan pada saat pandemi yang secara drastis mengubah proses belajar mengajar, maka dibutuhkan perubahan untuk meningkatkan kualitas guru di sekolah dalam melakukan transformasi pembelajaran. Karena dilihat dari keadaan pendidikan khususnya pada pendidikan dasar, banyak anak yang tidak memahami sepenuhnya apa yang diajarkan oleh guru. Guru lebih banyak berinteraksi dengan orang tua peserta didik dibandingkan dengan peserta didiknya sendiri karena pembelajaran harus dilakukan tidak dengan tatap muka, melainkan daring (dalam jaringan). 
 
Untuk mengejar ketertinggalan pembelajaran terutama pada saat masa pandemi, implementasi kurikulum merdeka menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan. Dimana kurikulum merdeka ini diterapkan jauh lebih sederhana, ringkas, dan fleksibel sehingga peserta didik dapat beradaptasi dengan sistem yang diterapkan dan tidak terbebani oleh materi.
 
Sekolah dapat mengembangkan kurikulum. Guru menyampaikan materi pembelajaran sesuai dengan perkembangan peserta didik, kemudian peserta didik dapat memilih pelajaran sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing.  Pembelajaran yang diterapkan dalam kurikulum merdeka ini jauh lebih relevan dan interaktif. Peserta didik dapat melakukan  kreativitas dalam mengikuti pembelajaran, sehingga kesempatan untuk aktif dan bereksplorasi bisa lebih luas bagi peserta didik. 
 
Penerapan kurikulum merdeka didukung dengan penyediaan berbagai perangkat agar pembelajaran terlaksana secara efektif. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Dalam implementasi kurikulum merdeka guru dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman. Yaitu dengan menerapkan teknologi sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan. 
 
Dengan memanfaatkan teknologi, guru dapat membuat media pembelajaran yang jauh lebih interaktif untuk digunakan pada saat kegiatan pembelajaran. Beberapa media yang dapat digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran adalah; powerpoint interaktif, video pembelajaran, quiz atau permainan online dari berbagai sumber, dan lain-lain. 
 
Digunakannya media pembalajaran yang berbasis teknologi, peserta didik akan merasa lebih tertarik dengan materi pembelajaran karena media yang digunakan tidak hanya sekedar buku saja. Dengan demikian, materi pembelajaran akan lebih mudah untuk diserap dan dipahami oleh peserta didik. Karena dengan adanya teknologi, membuat metode pembeajaran yang dipakai lebih fleksibel dan praktis. Selain itu, guru dan peserta didik menjadi lebih terfasilitasi dalam melakukan kegiatan pembelajaran dan dapat mengerjakan suatu pekerjaan menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien. 
 
Oleh karena itu, teknologi berperan penting dalam pendidikan terutama pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Karena pada usianya, anak pada usia Sekolah Dasar masih memerlukan media pembelajaran yang dapat menggabarkan secara jelas tentang materi pelajaran yang mereka pelajari. Dengan penggunaan media pembelajaran yang berbasis teknologi, dapat meningkatkan kemampuan dan minat belajar peserta didik. Contohnya guru dapat memanfaatkan teknologi berupa proyektor di dalam kelas untuk menampilkan media pembelajaran atau media untuk menyampaikan materi kepada peserta didik agar peserta didik tidak merasa jenuh pada saat kegiatan pembelajaran dilakukan. 
 
(Contoh penggunaan media teknologi sebagai media pembelajaran di kelas).
 
Sertifikat
Sertifikat kampung English
Piagam 3

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments