oleh

Selain Enak Dimakan Ternyata Kecepol Punya Manfaat Lain, Tidak Percaya Ini Buktinya

-Daerah, dibaca 362 x

LAJU SUMSEL, PAGAR ALAM - Masih banyak yang belum paham tentang hak-hak politik dalam berdemokrasi terutama para kaum melenial menginisiasi Keluarga Cerdas Politik (Ke.Ce.Pol) untuk melaunching Sekolah Demokrasi dan menggelar focus grup discusion dengan tema Pentingnya Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Berlangsung Demokrasi yang diikuti oleh pelajar dan mahasiswa di aula hotel Dharma Karya, Pagar Alam, Senin (19/12).

M Fathi Atalah Panggarbesi Founder KE.CE.POL mengatakan, pada dasarnya, partisipasi politik merupakan kegiatan seseorang atau sekelompok orang untuk ikut serta secara aktif dalam kehidupan politik, baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk itu KE.CE.POL (Keluarga Cerdas Politik) yang merupakan Sekolah Demokrasi menggelar seminar politik di Kota Pagar Alam yang melibatkan para pemilih pemula atau kaum melenial di Kota Pagar Alam untuk mulai membangun kesadaran mengenai hak-hak politiknya. 
 
"Partisipasi politik erat  kaitannya dengan kesadaran politik dari masyarakat dan sistem demokrasi telah memberikan peluang yang seluas luasnya untuk keikutsertaan masyarakat untuk meyalutkan hak-hak politiknya tersebut," ujar Fathi yang kini masih berstatus mahasiswa semester 5 UPN Veteran Jakarta saat membuka diskusi. 
 
Lanjut Fathi,dalam demokrasi, partisipasi politik masyarakat merupakan sebuah jantung sekaligus penyubur iklim dari keberlangsungan demokrasi oleh karena itu, Keluarga Cerdas Politik (Kecepol) menilai bahwa kesadaran dan pengetahuan politik masyarakat merupakan kunci penting berlangsung demokrasi negara. 
 
"Dengan menumbuhkan kesadaran dan partisipasi politik tersebut artinya kita semua menjaga berlangsung kwalitas demokrasi dan ini sangat dipengaruhi dari sejauh mana kesadaran dan pengetahuan politik masyarakat kita maka dari itu perlu adanya upaya konkrit menuju itu dan disini Kecepol mengambil peran untuk memberikan edukasi-edukasi melalui forum diskusi dua arah agar pengetahuan dan kesadaran politik mulai terbangun dan bukan sekedar hanya ikut-ikutan saja juga kita berharap FGD ini akan dapat membuka wawasan para melenial di Pagar Alam terkait peran penting peran mereka dalam politik.Suara mereka akan menentukan nasib bangsa dan negara atau daerahnya, jadi sebelum memilih mereka akan lebih mencari tahu siapa dan bagaimana rekam jejak calon pemimpin didaerahnya,"ucapnya. 
 
Pantuan di lapangan,FGD dan lounching Sekolah Demokrasi di hadiri oleh sekretaris Kesbangpol kota Pagar Alam,Rektor Universitas IBA Palembang DR Tarekc Rasyid yang menjelaskan tentang pentingya fungsi pers sebagai salah satu pilar demokrasi juga legislator provinsi Alfrenzi Panggarbesi sebagai narasumber. 
 
Selain itu dalam FGD ini terlihat diskusi dua arah antara audience dengan para narasumber yang di pandu langsung oleh founder Ke.Ce.Pol Fathi Atala Panggarbesi. 
 
Peserta diskusi dari  mahasiswa Sekolah Tinggi Islam Kota Pagar Alam Deni Irawan menyatakan forum-forum diskusi seperti ini sangat perlu terus di lakukan agar masyarakat kota Pagar Alam terutama kaum muda makin sadar tentang hak-hak politiknya. 
 
"Kami siap bekerja sama dengan Kecepol untuk menggelar diskusi-diskusi selanjutnya," ujarnya yang di amini oleh mahasiswa dari universitas dan sekolah tinggi lainnya.
 
Laporan: Taufik Hidayat
 
Sertifikat
Sertifikat kampung English
Piagam 3

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments