oleh

Baru Selesai Dibangun, Gedung Panggung Alun-Alun Utara Pagar Alam Alami Kerusakan Parah

-Daerah, dibaca 577 x

LAJU SUMSEL, PAGAR ALAM - Diduga akibat pengerjaan yang tidak berkwalitas ditambah faktor lainnya mengakibatkan proyek revitalisasi gedung dan panggung di alun-alun utara kota Pagar Alam yang belum lama diselesaikan kondisi kini banyak mengalami kerusakan fisik. 

Pantuan di lapangan, kerusakan fisik bangunan yang menurut informasi menghabiskan dana hingga miliaran rupiah APBD ini terlihat mulai dari kerusakan di bagian ornamen hingga fisik bangunan seperti runtuh sebagian atap plafon dan lain-lain. 
 
Proyek revitalisasi yang diketahui dimaksudkan untuk memugar total bangunan lama yang telah berumur menjadi bangunan baru yang lebih representatif sepertinya tidak sesuai harapan masyarakat ditambah dengan banyaknya uang negara yang telah dihabiskan namun hasilnya terlihat sangat mengecewakan dengan berbagai kerusakan bangunan yang terjadi padahal belum lama selesai dikerjakan. 
 
Masih menurut informasi yang di peroleh, jumlah APBD yang dikucurkan pada proyek ini sebesar Rp 3 Miliar lebih tahun anggaran 2021. 
 
 
Indra, Pejabat Pembuat Teknis Kerjasama (PPTK) proyek tersebut kepada Laju Sumsel, Selasa (24/05) mengatakan pihaknya saat ini telah memerintahkan pihak pelaksana untuk melakukan perbaikan dan harus selesai sebelum serah terima kedua pada Juli mendatang. 
 
"Memang kami akui atap dan plafon serta areal panggung alun-alun utara mengalami kerusakan dan saat ini pihak pelaksana telah kami minta untuk memperbaikinya sebab saat ini proyek tersebut masih dalam masa pemeliharaan dan juga ada dana jaminan pemeliharaan dari pelaksana proyek," ucapnya.
 
Menanggapi hal ini masyarakat meminta agar Pemkot Pagar Alam lebih ketat melakukan pengawasan pelaksaan dan pengerjaan seluruh proyek yang telah selesai maupun yang sedang atau akan berjalan serta lebih selektif memilih pihak pelaksana sehingga hasilnya sesuai dengan perencanaan maupun masyarakat luas.
 
Dimana dengan hal itu diharapkan kasus mudah rusaknya struktur bangunan seperti yang terjadi pada proyek revitalisasi gedung dan panggung alun-alun utara tidak terjadi pada proyek-proyek lainnya. 
 
"Kami minta aparat penegak hukum mencermati dan menyelidiki keadaan ini, sebab sayang jika miliaran uang negara habis namun hasilnya buruk seperti ini," ujar Zaenal salah seorang warga kepada Laju Sumsel.com, Selasa (24/05) siang.
 
Laporan: Taufik Hidayat
 
Sertifikat
Sertifikat kampung English
Piagam 3

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar

0 comments